Sunday, 20 May 2012

Peringatan Milad ESQ LC di Surabaya [+Pict]

Tanggal 16-5-2012 kemarin merupakan hari ulang tahun atau milad dari ESQ Leadership Center (ESQ LC)...
Alhamdulillah udah 11 tahun ESQ berjuang untuk terus membentuk karakter sumber daya manusia agar bukan hanya cerdas intelektual, tapi juga cerdas emosi dan spiritual...
Hingga kelak Indonesia akan bangkit menjadi bangsa yang dihormati bukan karena gedung-gedungnya yang tinggi, tapi karena sikap 7 Budi Utama (Jujur - Tanggung jawab - Visioner - Disiplin - Kerjasama - Adil - Peduli) yang dipegang teguh oleh seluruh lapisan masyarakatnya.. :)

Seperti pertanyaan singkat dari email Bapak Ary Ginanjar Agustian (Founder ESQ) yang dibacain kemarin:
"Apa yang Anda fikirkan tentang sebuah milad?"

Biasanya, yang ada di fikiran kita adalah ada kue tart-nya..ada orang yang lagi berbahagia duduk di depan ruangan bak seorang raja..ada balon-balonnya banyak..ada orang-orang yang datang memberikan selamat..dan ekstrimnya mungkin ada yang ngeliat orang dicemplungin ke sungai setelah sebelumnya diteplokin telur di jidat, disiram tepung terigu campur pasir, nggak jarang juga ada yang pake kecap + saos + minyak dicampur jadi satu...
Jadi orang yang lagi milad itu tinggal ditaruh di penggorengan, srang-sreng sedikit, dan jadilah "Manusia Ceplok Special"! :p

Padahal apa esensinya coba?!
Kan sayang kalo bahan-bahan tadi dibuang-buang percuma gitu...
Padahal bahan-bahan itu bisa dipake untuk masak!
Yaa...yaa...okey...selain telur busuk sih....-_-"

Anyway...
Milad adalah bukan hanya sebuah perayaan makan-makan..namun milad juga berkaitan erat dengan refleksi satu tahun terakhir..
Apa saja yang telah dilakukan selama satu tahun?
Apa yang telah dicapai?
Apa yang belum dicapai?
Mengapa belum tercapai?
Dan apa yang diinginkan di tahun sekarang dan kedepannya?

Milad yang berfoya-foya itu boleh jadi malah membuat kita semakin lupa....
Tapi dengan mengerti dan memahami makna milad yang sebenarnya, maka kita akan senantiasa menjadi orang yang beruntung, yaitu orang yang semakin baik seiring bertambahnya hitungan detik, menit, jam, hari, bulan, dan tahun..Aamin... :)

Dan alhamdulillah di acara milad ESQ LC di Surabaya tanggal 16-17 Mei 2012 kemarin diisi dengan acara-acara yang indah dan bermanfaat untuk masyarakat luas.. :)
Diawali dengan acara gathering di kantor ESQ LC Surabaya, Jln. Raya Ketintang No.209E (sebelah Royal Plaza) Surabaya 60292, pada hari Rabu sore 16 Mei 2012. Di acara itu kami melakukan refleksi 11 tahun kebelakang, dan berbicara tentang gerakan dan gebrakan yang akan dilakukan memasuki "8 Windu Menjelang Indonesia Emas 2020" diakhiri dengan sujud syukur...

Dilanjutkan esok harinya tanggal 17 Mei 2012..
Pagi-pagi ada Senam Semangat yang instrukturnya dari lembaga Atlas...
Inilah "Sehat Luar-Dalam"!
"Sehat Njobo-Njero"
Sehat secara fisik....
Juga sehat secara jiwa....
Itulah kenapa namanya "Senam Semangat"! Dan bukan "Senam Sehat"!
"Senam" itulah "Sehat Njobo" atau "Sehat Luar"...
Dan "Semangat" itulah "Sehat Njero" atau "Sehat Dalam"...
Sesi Senam Semangat ini bebas diikuti oleh masyarakat luas... :)

Langsung habis itu dilaksanakan donor darah, pengobatan gratis, juga pemberian bingkisan ke masyarakat yang membutuhkan... :)
Habis itu ada acara lomba mewarnai, melukis, dan kaligrafi untuk adek-adek TK, SD, SMP...
Ditambah lagi penampilan Musikalisasi Puisi oleh pejuang-pejuang FOSMA 165 Surabaya (mahasiswa) dan Dzikir Asma'ul Husna oleh adek-adek TK....
Seru banget deh pokoknya! :D

Okey...
Kita sambil langsung liat aja foto-foto dokumentasi kegiatan kemarin yaa... :)
Foto-foto ini aku ambil pake kamera HP E72-ku..jadi mohon maaf kalo nggak terlalu bagus..tapi tetep bisa dinikmati kok...
Tapi beberapa juga aku ambil dari hasil jepretan kamera SLR Dek Denise, yang tentu saja hasilnya jauh lebih bagus.... :p
Enjoy.... :)
inilah rundown acaranya.... :D
Setelah refleksi 11 tahun perjuangan oleh Kak Haris Muchtar dilanjutkan sholat maghrib...
Saatnya potong tumpeng oleh Ayah Yudi..dan potongan tumpeng pertama diberikan ke Bunda Elfi, istri beliau...subhanallaah... (*^_^*)
makan malam bareng
Selesai makan bareng, langsung persiapan untuk acara seru esok hari...
Mbungkusin gula, korned, dll....
Bahagia karena berbagi.. :)
Barang-barang yang sekiranya dipake untuk acara esok hari di Royal Plaza langsung loading malam itu juga...
Bahkan saudara-saudari dari FOSMA sampe malem persiapannya..subhanallaah... :)
Preparation is Everything
Setelah itu....
Istirahat....
Pulang dulu....
Siapkan energi untuk berbagi kebahagiaan esok hari...
What a great day! (^_^)

Pagi harinya, persiapan sound system dan laptop di depan kantor LC Surabaya....
Bunda Narti sedang memastikan semuanya fixed.. :D
Nggak lama kemudian, sang instruktur Senam Semangat pun datang...
Dan langsung bersiap memimpin senam.....
Let's rock 'n roll...... :D
tu...wa...tu...wa...bang...ka..... #eh
Setelah senam dan dibagikan air minum zam-zam 'alakadarnya, Ayah Yudi membuka acara di hadapan masyarakat yang hadir...
Beliau bercerita tentang apa itu ESQ dan apa sesungguhnya misi mulia yang dibawa oleh ESQ....
ini kok malah ada yang lagi transaksi ya... :p
Langsung dilanjut acara pengobatan gratis untuk semua warga yang merasa sakit...
Disediakan pula fasilitas cek gula darah + kolesterol gratis! :D
Tim kesehatan dengan tulus memeriksa masyarakat yang hadir
Indahnya saling berbagi... :')
Teman-teman dari FK UNAIR pun ikut berperan aktif..you're rock! :)
foto dulu ya,Mbah...hehe.... :p
Di tengah acara pengobatan gratis...
Tiba-tiba ada 7 orang temen-temen dari Universitas Trunojoyo Madura yang dateng...
Mereka berangkat pagi-pagi banget..naik kapal ferry..dan langsung ke kantor LC naik bus..subhanallaah..bener-bener Ksatria ESQ 165! :)
terima kasih atas partisipasinya ya, sodara-sodari UTM... :D
Sembari acara pengobatan gratis terus berjalan, juga ada pembagian bingkisan untuk RT 15 dan RT 17 Wonokromo, juga untuk para PKL (Pedagang Kaki Lima)..
Makcik dan Bunda Elfi in action.. :)
Mbak Yuni, Mbak PPT, dan Mas Febri in action.. :)
Tiba-tiba ada mobil semacam bus warna putih lewat di depan kantor LC Surabaya..dan ternyata itu adalah mobil donor darah dari PMI....
"Mobil Penghisap Darah"
dan yang mau donor langsung melakukan registrasi, yang dibantu oleh Bunda Elfi dan Makcik Maya...
Wildan, Ketua Silaturahmi Of Teens Surabaya pun ikutan donor darah
Izinkan aku tidak menyebutkan kalo ini berat badan Mbak Kartini... :p
Suasana di dalem bus PMI tidak seseram bayanganku
Aku juga ikutan donor darah lhoo...
Agak sakit sedikit sih..tapi seneng bisa beramal meski hanya dengan tetesan darah... :)
Setelah donor dapet kantong plastik berisi susu, telor asin, pocari sweat, sama kacang ijo..juga ada obat yang akhirnya nggak aku minum karena takut pait... :p
minum..enggak..minum..enggak..minum..enggak...enggak aja deh.. :p
Setelah donor darah, sebagian panitia menetap di kantor LC untuk meneruskan acara pengobatan gratis dan donor darah sampe jam 12 siang, dan beberapa langsung ke Royal Plaza untuk persiapan acara lomba mewarnai, menggambar, dan kaligrafi...
Acara dibuka oleh Kak Risman (Trainer ESQ) yang juga guru spiritualku... :)
Eh..Aisyah kecil juga nggak mau kalah eksis... :D
Hadir banyak banget pesertanya..perkiraanku sih sampe 50 orang...
Setelah penjelasan kriteria penilaian dari Pak Eko sebagai juri, lomba pun dimulai! :D
Ayo adek-adek! Semangaaatt! :D
yang ini peserta lomba kaligrafi...
Hasil mewarnai, menggambar, dan kaligrafi yang udah selesai langsung dikumpulin di meja depan...
Bagus-bagus lho gambarannya... :D #malu -.-"
Setelah 90 menit berlalu, lomba pun berakhir...
Dilanjutkan acara hiburan, yaitu Dzikir asma'ul husna oleh adek-adek dari Taman Kanak-Kanak....
Mereka bener-bener hafal 99 Asma'ul Husna...keren, kan? :D
Khusyu' banget mereka ini kalo lagi dzikir... :)
Temen-temen dari Mahasiswa pun nggak mau kalah...
Mereka menampilkan seni Musikalisasi Puisi diiringi gitar..yang isi puisinya tentang Al Qur'an surat Ar Rahmaan...
FOSMA Surabaya in action! :D
Setelah musikalisasi puisi selesai...
Biar semakin mantap acaranya, langsung dilanjutkan talkshow yang mengangkat tema "Membangun Karakter Bangsa untuk Indonesia" bersama Dr. Ikhsan, S.Psi., MM. dan Bapak Edy Kuntjoro, M.Pd...
Talkshow menjadi sangat hidup dengan moderator Mbak Ellen Pratiwi dari Sindo FM (dulu Trijaya FM) Surabaya...
Banyak peserta yang bertanya, dan mendapatkan hadiah... :)


Dan setelah dibikin deg-degan, pengumuman pemenang lomba mewarnai, melukis, dan kaligrafi pun diumumkan....
Aku yakin para juri pasti bingung banget menentukan mana yang juara..karena memang semuanya bagus-bagus...
Namun tentu ada yang terbaik dari semua itu..dan inilah adek-adek yang beruntung:
Adek yang satu ini nggak mau nunjukin karyanya.... -.-"
yang ini malah karyanya diliatin sendiri.... -_-"
Adek ini mewakili juara 2 kaligrafi, sekaligus dia sendiri juara 1! Wow!
Rangkaian acara milad sebenernya bukan dimulai tanggal 16 Mei..tapi sudah dimulai sejak satu minggu sebelumnya yaitu dengan acara "Badminton Tournament" yang diikuti oleh temen-temen FOSMA dan juga pejuang ESQ LC Surabaya....
Kak Andrian Hamzah (Trainer ESQ) juara 1 lagi! :D #applause
Akhirnya selesailah seluruh rangkian acara milad ESQ LC di Royal Plaza Surabaya... :)
Dan acara ditutup dengan keceriaan para panitia dari ESQ LC, FOSMA Surabaya, dan ShOT Surabaya...
Berikut foto-foto keceriaannya:
Terima kasih untuk FOSMA dan ShOT Surabaya yang keren-keren! :D
Keceriaan yang indah
Dan keceriaan pun tertutupi... -_-"
Kak Risman, Kak Haris, Kak Heidy, Mbak Kartini, dan Kunde
ini kenapa saling menunjuk ya? hehe.. :p
"We are ESQ Family"

Maka, atas berkat rahmat Allah yang Maha Kuasa..dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur..maka acara Milad ESQ LC di Surabaya pun berakhir dengan indah.... :')
Berat rasanya untuk mengakhiri hari itu....
Namun perjuangan belum berakhir!
Sewindu menjelang Indonesia Emas 2020 harus terus diisi dengan perjuangan yang melibatkan jiwa dan raga!
Nggak boleh lemes! Nggak boleh loyo!
Meski mungkin kelak kami tak melihat Indonesia Emas 2020 itu terwujud karena kami telah lebih dulu dipanggil oleh Allah..kami yakin bahwa Allah telah mencatat amal baik kami sebagai bekal hidup di akhirat kelak..dan anak-cucu serta kader-kader kitalah yang akan melanjutkan perjuangan ini.. :)
Semoga indahnya kebersamaan ini terus terjaga....
Go! Fight! and Win! \(^o^)/

4 comments:

  1. kereeen!!
    padahal dari tanggal 16 - 19 aku disurabaya loh mas. huhuu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..makasih... :D
      Lho?! Gak kasih kabar kamu ini.... -_-"
      Yawes..mudah-mudahan lain waktu bisa gabung yaa... :)

      Delete
  2. Waw... Ada aku nya :-) Itu yg buat keren... walau Punggung q saja ehehhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih..orangnya komen! >_<
      Lalalaa..lalaaa...lalaaaaa....... #Pura2NggakTau

      Delete